Kompas Tambora Challenge 320K adalah lomba ultra marathon dengan rute terpanjang & ter-ekstrem se-Indonesia, dengan batas waktu lomba 64 jam & 60 jam. Perlombaan ini dilaksanakan di pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat dengan melewati tiga kabupaten, yaitu Sumbawa Barat, Sumbawa, dan Dompu. Lomba ini akan mengambil rute jalan propinsi yang sepi dan tenang dengan pemandangan yang indah di sepanjang pesisir pantai, dengan rata-rata ketinggian di bawah 80 m. Start dari Lapangan Pototano dan finis di Doro Ncanga tepatnya di kaki Gunung Tambora dimana hanya akan ada pemandangan padang savana berisi kerbau dan kuda.

*Pajak hadiah ditanggung pemenang

Tanggal Jam Kegiatan
24 November 2020 12.00 WITA Penjemputan shuttle bus di bandara Lombok menuju Kabupaten Sumbawa Barat
24 November 2020 19.00 s/d 21.00 WITA Race Pack Collection, makan malam dan briefing di hotel
25 November 2020 08.00 s/d 10.00 WITA Sarapan dan drop bag
25 November 2020 12.00 s/d 13.00 WITA Makan siang
25 November 2020 16.00 WITA Flag Off Individu & Relay 1
26 November 2020 21.00 WITA Flag Off Relay 2 & Cut Off Time Relay 1
27 November 2020 22.00 WITA Pelari pertama finis
28 November 2020 04.00 WITA Relay 2 Cut Off Time
28 November 2020 08.00 WITA Individu Cut Off Time
28 November 2020 12.00 s/d 14.00 WITA Podium Awarding

*Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu

Informasi Umum

  • Race organizer : Kompas
  • Didukung oleh : Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat, Pemerintah Kabupaten Sumbawa, dan Pemerintah Kabupaten Dompu
  • Tanggal Kegiatan : 25 – 28 November 2020
  • Cut Off Time (COT) 320K Individu : 64 Jam
  • Cut Off Time (COT) 320K Relay 2x160K : 60 Jam
  • Kuota Pelari 320K Individu: 20 Orang
  • Kuota Pelari 320K Relay 2x160K : 15 Pasang, ( Putra – Putri)
  • Start 320K: Pototano
  • Finish 320K: Doro Ncanga
  • Sistem Support : Fully support oleh penyelenggara
  • Biaya pendaftaran Individu 320K sudah termasuk :
    1. Akomodasi 1 malam di Taliwang (Sumbawa Barat) pada 24 November 2020.
    2. Akomodasi dan makan di camp race central Doro Ncanga pada 28 November 2020.
    3. Shuttle dari Bandara Lombok Praya – Taliwang & Doro Ncanga – Lombok.
    4. Running Jersey
    5. Finisher Trophy + Finisher Jacket
    6. BIB
    7. Fully support di setiap WS dan mobile WS
  • Biaya pendaftaran Relay 320K sudah termasuk :
    1. Akomodasi 1 malam di Taliwang (Sumbawa Barat) pada 24 November 2020.
    2. Akomodasi 1 malam di Sumbawa Besar pada 25 November 2020 untuk pelari relay 2.
    3. Akomodasi dan makan di camp Race Central Doro Canga pada 28 November 2020.
    4. Shuttle Bandara Lombok Praya – Taliwang dan Doro Canga – Bandara Lombok. Di luar jadwal shuttle ini, peserta mengatur sendiri shuttlenya.
    5. Shuttle Race Central (Usar) – Doro Ncanga untuk pelari relay 1. Di luar jadwal shuttle ini, peserta mengatur sendiri shuttlenya.
    6. Running Jersey
    7. Finisher Trophy+Finisher Jacket
    8. BIB
    9. Fully support di setiap WS dan mobile WS
  • Pajak hadiah ditanggung oleh pemenang

Pendaftaran

  • Pendaftaran peserta dibuka sampai dengan 31 Juli 2020 atau sampai dengan kuota terpenuhi
  • Pengumuman hasil seleksi pendaftar satu minggu setelah pendaftaran ditutup

Kualifikasi

  • Lomba ini terbuka untuk pria dan wanita yang berusia minimal 18 tahun keatas dengan kondisi dan kesehatan tubuh yang baik serta dapat menyelesaikan lomba sesuai dengan jalur lomba yang ditentukan.
  • Seluruh peserta, baik peserta Individu, 2 x Tim Relay diwajibkan memberikan informasi event lari yang pernah diikuti dengan hasil catatan waktu lomba.
  • Untuk peserta yang mengikuti Kompas Tambora Challenge 320K minimal pernah menyelesaikan lomba/finisher :
    1. (320K Individu) Peserta yang pernah menyelesaikan lomba minimal 100K Ultra Trail atau 160K Ultra Marathon.
    2. (320K – 2 x Tim Relay) Peserta yang pernah menyelesaikan lomba minimal 70K Ultra Trail atau 100K Ultra Marathon.

Syarat dan Ketentuan

  1. Peserta harus mengerti kondisi alam dan kebutuhan untuk menyelesaikan lomba ultra marathon.
  2. Peserta akan berlari selama 4 hari penuh dan harus melakukan latihan yang cukup untuk menyelesaikan lomba.
  3. Peserta akan bertanggungjawab atas dirinya sendiri dan harus punya kemampuan untuk menghadapi masalah yang kemungkinan terjadi selama lomba berlangsung.
  4. Peserta harus dapat menghadapi kondisi kelelahan yang cukup ekstrem, masalah organ tubuh bagian dalam dan gangguan pencernaan, nyeri otot, halusinasi, dan masalah psikologis.
  5. Peserta mengerti dan bertanggungjawab atas kondisi pada poin nomor 1 sampai 4 dan tidak menjadi tanggungjawab penyelenggara acara.
  6. Peserta harus menyadari betul bahwa dengan mengikuti kegiatan outdoor seperti Kompas Tambora Challenge 320K, keamanan dan keselamatan diri tergantung dari kemampuan diri peserta itu sendiri.
  7. Video, foto, artikel, dan hasil lomba serta komponen pendukung lainnya akan digunakan dan dipublikasi di koran, televisi, majalah, internet, dan materi promo lainnya. Penyelenggara memegang seluruh hak terkait tujuan publikasi tersebut.

Ketentuan Umum

  1. Peserta harus hadir pada garis start dan bersiap 45 menit sebelum start.
  2. Nomor peserta harus digunakan di depan bagian tubuh tanpa di modifikasi, dilipat dan selalu terlihat selama lomba berlangsung. Nomor peserta tidak boleh digunakan di bagian kepala.
  3. Untuk pelari Individu, waktu tidak akan diberhentikan sampai waktu tempuh mendekati 64 jam setelah masing-masing waktu start dimulai. Pelari harus menyelesaikan waktu tempuh dengan batas waktu total 64 jam setelah waktu start berlangsung.
  4. Untuk pelari Relay 1 dan pelari Relay 2, waktu tidak akan diberhentikan sampai waktu tempuh mendekati 60 jam setelah masing-masing waktu start dimulai. Kedua Pelari harus menyelesaikan waktu tempuh dengan batas waktu total 60 jam setelah waktu start berlangsung.
  5. Jika salah satu Pelari Relay tidak dapat melanjutkan lomba, tidak dihitung sebagai pemenang
  6. Setiap Pelari Relay harus menunggu pelari relay sebelumnya sampai masuk garis finis sesuai titik finis Relay yang sudah ditentukan.
  7. Jika pelari Relay 1 atau Relay berikutnya melewati batas Cut Off Time atau tidak dapat melanjutkan lomba, pelari Relay 2 atau Relay berikutnya dapat melakukan start sesuai dengan waktu start yang sudah ditentukan.
  8. Peserta tidak diperbolehkan untuk membuang sampah, merusak dan mencemari lingkungan sekitar rute lomba.
  9. Seluruh peserta harus menunjukan sopan santun dan sportivitas yang baik.
  10. Pelari wajib membawa peralatan setiap saat selama perlombaan berlangsung. Semua pelari diminta untuk check-in satu jam di tempat lomba sebelum waktu mulai. Ransel minum atau setara, Headlamps / Senter, cahaya reflektif, dan ponsel diperlukan dan harus ditunjukkan pada saat check-in. Pemeriksaan peralatan secara acak dapat dilakukan selama lomba berlangsung.
  11. Jalur jalan yang dilalui harus selalu satu jalur, di sisi kiri jalan atau dari sisi kanan jalan menghadap lalu lintas.
  12. Waktu tidak berhenti untuk alasan apapun sampai waktu resmi ditutup 64 jam setelah waktu start resmi. Semua peserta harus meninggalkan jalur setelah melewati waktu 64 jam.
  13. Pelari harus masuk di Check Point yang sudah ditentukan di sepanjang rute dengan batas waktu yang juga sudah ditentukan di setiap Check Point. Pelari yang masuk Check Point akan dicatat. Kegagalan untuk melakukan Check Point akan berarti pelari belum menyelesaikan lomba secara penuh dan karena itu akan didiskualifikasi.
  14. Batas waktu (Cut Off Time) diberlakukan untuk memberikan kesempatan menyelesaikan lomba dengan aman. Pelari diharapkan untuk mencapai pos minum atau checkpoint (WS / CP) dalam waktu yang sudah ditentukan. Pelari yang mencapai pos minum atau Check Point melebihi batas waktu yang ditentukan akan dilarang untuk melanjutkan lomba dan harus berhenti. Pelari akan dievakuasi ke Check Point terdekat atau ke Race Village Doro Ncanga.
  15. Pelari diwajibkan membawa botol air atau hydration pack sendiri yang akan diisi ulang di setiap pos minum.
  16. Dukungan tim, kendaraan dukungan, pacers, atau bantuan luar TIDAK DIIZINKAN. Pelanggaran aturan ini akan mengakibatkan diskualifikasi langsung. Bagaimanapun, tidak ada pembatasan pelari dalam membeli makanan atau minuman dari toko-toko, restoran atau pedagang asongan di sepanjang rute lomba.
  17. Setiap pelari disediakan drop bag di setiap Check Point dengan label nama pelari dan BIB. Masing-masing pelari akan diberikan 1 plastik drop bag atau sesuai kebutuhan. Drop Bag harus diserahkan kepada panitia sebelum lomba.
  18. Penyelenggara berhak untuk melakukan perubahan peraturan lomba, rute dan atau pengaturan lainnya yang dianggap tepat, untuk membatalkan dan menunda atau menjadwal ulang tanggal lomba.

Safety & Medic

  1. Selama kegiatan berlangsung, keamanan adalah prioritas paling utama. Hal ini meliputi keamanan para peserta, panitia dan masyarakat umum. Perlu diingat bahwa jalan yang merupakan rute yang dilintasi peserta tidak ditutup untuk seluruh kegiatan.
  2. Pemberian cairan infus tidak diperbolehkan selama kegiatan berlangsung. Apabila ada peserta yang menerima atau menggunakan cairan infus, maka peserta akan di diskualifikasi dan harus dikeluarkan dari lomba.
  3. Saat malam hari hingga menjelang pagi, seluruh peserta WAJIB mengenakan pakaian yang mudah terlihat dan menggunakan headlamp serta lampu merah yang berkedip di depan atau bagian belakang.
  4. Dalam kondisi siang dan malam hari, peserta harus selalu berhati-hati terhadap lalu lintas kendaraan yang melewati jalur lomba.
  5. Peserta bertanggungjawab atas dirinya sendiri.
  6. Selalu melihat dan waspada terhadap kedua arah sebelum menyeberang jalan raya. Hal yang perlu diperhatikan adalah seluruh jalur lomba dilakukan di jalan umum.

Pengunduran Diri

  1. Seluruh jalur yang ditentukan, harus dilintasi oleh para peserta. Apabila ada kesalahan pada jalur tempuh seperti salah jalan atau tersesat, peserta harus kembali di tempat / posisi dimana dia meninggalkan jalur dan melanjutkan lari dari lokasi tersebut. Tidak akan ada toleransi dari waktu yang terbuang atau jarak pada kesalahan jalur.
  2. Peserta dapat meninggalkan jalur untuk alasan tertentu seperti beristirahat atau alasan medis tertentu.
  3. Apabila peserta mengundurkan diri, peserta harus menghubungi panitia penyelenggara atau petugas penjaga waktu sesegera mungkin. Nama dan alasan mengundurkan diri, waktu mengundurkan diri dan total jarak yang berhasil ditempuh harus dilaporkan. Peserta dan tim pendukung diharapkan tetap menuju garis finis dan ikut meramaikan serta memberi semangat kepada peserta lainnya.
  4. Pihak penyelenggara bertanggungjawab atas segala evakuasi darurat.

Penegakan Aturan dan Sanksi

  • Aturan lomba dirancang untuk memberikan pengalaman yang aman dan adil bagi semua peserta yang terlibat dan untuk membantu memastikan kemampuan peserta.
  • Aturan utama pelanggaran oleh pelari, terutama yang menyangkut “CURANG”, akan mengakibatkan diskualifikasi langsung.
  • Pelanggaran yang dilakukan akan mengakibatkan hukuman waktu berikut:
    1. Penalti pertama : 30 menit
    2. Penalti kedua : Diskualifikasi
  • Direktur Lomba memiliki kewenangan, kapanpun, untuk menolak aturan atau menciptakan aturan baru berdasarkan meringankan, tak terduga, dan / atau keadaan unusual dan / atau untuk menjaga integritas dan fair play yang diperlukan untuk berhasil menyelesaikan, dan kelanjutan dari perlombaan. Direktur Lomba memiliki otoritas tertinggi dalam hal semua aturan, interpretasi, dan penegakannya. Tidak ada “banding komite” atau sebuah “proses banding”.
  • Keputusan mutlak berada di Direktur Lomba.

PERLENGKAPAN YANG HARUS DIBAWA

  1. Sepatu Lari & Cadangan Sepatu
  2. Kaos Lari Dry Fit & Cadangan Kaos
  3. Kaos Kaki & Cadangan Kaos Kaki
  4. Head Lamp & Cadangan Battery (wajib)
  5. Kacamata
  6. Buff
  7. Topi
  8. Hydrobag + Bladder/botol minum (wajib)
  9. Handphone (wajib)
  10. Lampu Reflektor (wajib)
  11. Uang secukupnya (wajib)

Seluruh peserta berhak mendapatkan free shuttle yang akan berangkat pada:
Bandara Lombok (Mataram) : Selasa, 24 November 2020 | 12.00 WITA ● Doro Ncanga – Bandara Lombok : Sabtu, 28 November 2020 | 17.00 WITA

Go top